Tentang Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata


Simarmata [dot] or [dot] id adalah website komunitas marga Simarmata di seluruh dunia yang disebut dengan nama “Punguan Simataraja Raja Simarmata Boru, Bere dohot Ibeberena" atau yang disingkat dengan nama “PUNGSIMARBONA".

Berikut ini adalah sekilas tentang SIMARMATA:
Simarmata adalah salah satu marga Batak yang terdapat dalam komunitas masyarakat Batak Toba dari Samosir di provinsi Sumatra Utara, Indonesia.

Tugu adalah monumen, pemersatu dan sebagai simbol leluhur marga, sekaligus menegaskan bahwa pomparan ini, keluarga ini bukan "mapultak sian bulu". Dengan memiliki monumen seorang keluarga Simarmata, tidak soal dari mana dia berasal, berapa generasi moyangnya sudah pergi merantau meninggalkan bonapasogit, dia tetap dapat berkata inilah leluhurku, akulah cucunya. Bonapasogit adalah tanah kelahiran, kampung halaman, tempat ziarah, tempat perantau melabuhkan rindu. Bonapasogit bagi keturunan Simataraja adalah tanah Simarmata, suatu negeri di pulau Samosir. Kini tugu kebanggaan seluruh pomparan, keluarga besar Ompu Simataraja, sudah berdiri tegak disebuah desa, dinegeri Simarmata bernama Toguan, ditepi Danau Toba, seolah melambai memanggil pulang anak cucunya untuk membangun bonapasogit tercinta, seolah mengulurkan tangan menyambut kedatangan "pomparan"nya dan berkata: Cucu-cucuku aku adalah leluhurmu, Simataraja Simarmata dan Lahatma boru Limbong Sihole, Tugu ini adalah pemersatu bagimu keturunanku, Tugu ini adalah tempat ziarah bagi kamu yang lelah, Tugu ini adalah mata air bagi kamu yang rindu. Tugu mempunyai ketinggian 17 meter. Pada puncak tugu terdapat "tatuan" yaitu sejenis piring yang terbuat dari kayu dan mempunyai "kaki" semacam penyangga. Dengan tatuan ini pada masa lampau keluarga Batak makan bersama. Pada model tatuan dipuncak tugu tersebut tidak lupa nasi putih. Tatuan berisi nasi putih ini menggambarkan-menyimbolkan "Pomparan Simataraja adalah sapanganan jala sada roha, seia sekata".

Ompu Simataraja Simarmata.
Putera ketiga dari Ompu Tuan Binur yaitu Shimataraja, yang kemudian kawin dengan puteri Raja Saudakkal dari Limbong Mulana, bernama Lahatma boru Limbong Sihole, dan selanjutnya mereka tinggal didaerah bernama Simarmata, sebagai bona pasogit dari seluruh keturunan Ompu Simataraja marga Simarmata. Kapan persisnya Simataraja memakai marga Simarmata, kurang jelas. Dari perkawinannya, Simataraja mempunyai tiga orang putera yaitu:Halihi Raja, kawin dengan Naolo boru Sihaloho dari Janji Maria Parbaba, Dosi Raja, kawin dengan Bungahom boru Malau dari Rianiate, dan Datuktuk Raja kawin dengan Tiarma boru Sinaga Uruk dari Batu Upar, Urat.

Kepada ketiga puteranya Simataraja membagikan tanah sebagai tempat kediaman masing-masing beserta keturunannya. Halihi Raja memperoleh Huta Uruk, Dosi Raja memperoleh Huta Toguan(Toruan), dan yang bungsu Datuktuk Raja memperoleh Huta Balian. Setelah Ompu Simataraja wafat, maka ketiga puteranya tetap menjadi raja di negeri Simarmata dengan damai. Diduga ketiga Ompu ini hidup sekitar tahun 1550. Dari ketiga putera Ompu Simataraja inilah yang menurunkan marga Simarmata dan menyebar keseluruh pelosok, terutama ke daerah pantai Sumatera ditepian pantai Danau Toba, baik kearah Timur, Tenggara maupun Barat, di antaranya ke Simalungun, Karo, Dairi, Humbang, Sibolga, Barus dan selanjutnya ke Pematang Siantar, Binjai dan kota-kota lainnya di Sumatera, Jawa, bahkan ke seluruh Indonesia dan Dunia.

TONA - HANGOLUAN :
Sada ma hamu tu dolok tu toruan di desa naualu, denggan ma hamu marsiurupan, marsiiring-iringan, marsiolo-oloan.
Balintang ma pagabe natinabo-taboan, arimu ma gabe ala olo hamu marsiolo-oloan, marsitungkol-tungkolan.

PODA TU HAMU ANAKKU :
Hamu anakku natolu, marsianju-anjuan ma hamu, jala rap ma hamu sapangan sian TATUAN na hutinggalhon i, dibagasan sada ni roha.

Terima kasih kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan kasih-Nya, sehingga dapat terwujud pembuatan website ini, tidak lupa juga kepada Pengurus-Pusat Simarmata, Pengurus Simarmata Kodya Medan, Pengurus Simarmata Sejabodetabek dan pengurus daerah lainnya yang telah mendukung dan memberikan konstribusinya.

Akhir kata kami sebagai pengurus website Simarmata [dot] or [dot] id mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda, semoga website ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Maju terus Punguan Pungsimarbona,
Pengurus Website Simarmata [dot] or [dot] id



Pesta Unjuk !
Dikirim Oleh : Berlin Simarmata, Ir., MM
| Tgl. 17 Des 2012 | Telah dibaca: 1160
Pesta Adat dan Resepsi di BPU St.Nahanson, Bekasi.
Dikirim Oleh : Berlin Simarmata, Ir., MM
| Tgl. 21 Nov 2012 | Telah dibaca: 1422
Pernikahan Ananda Patar Parningotan Simarmata SE.
Dikirim Oleh : Berlin Simarmata, Ir., MM
| Tgl. 21 Nov 2012 | Telah dibaca: 1162
Pendeta yang ganteng ?
Dikirim Oleh : Berlin Simarmata, Ir., MM
| Tgl. 24 Sept 2012 | Telah dibaca: 1511
Pengurus Pomparan Ompu Dosi Raja Simarmata se-DKI.
Dikirim Oleh : Berlin Simarmata, Ir., MM
| Tgl. 11 Sept 2012 | Telah dibaca: 2062
Perayaan Paskah Raya & Ulang Tahun Parna
Dikirim Oleh : Amoster Simarmata, S.Kom
| Tgl. 29 Feb 2012
Selamat & Sukses
Dikirim Oleh : Janner Simarmata, ST., M.Kom
| Tgl. 28 Feb 2012
Instruktur/ Pengajar/ Dosen TI
Tgl.02 Mar 2012 | Dikirim Oleh : Janner Simarmata, ST., M.Kom

TEKNISI HANDPHONE
Tgl.24 Mar 2012 | Dikirim Oleh : Ponco Simarmata

z
Tgl.28 Jun 2014 | Dikirim Oleh : Administrator
Lamp.SK Pengurus Simataraja Kota Medan
Tgl.24 Feb 2012 | Dikirim Oleh : Administrator